Pages

Senin, 16 Januari 2012

Tutorial dan Contoh Program – Menggunakan Stored Procedure Pada ADO.NET – VB.NET

Stored Procedure merupakan rangkaian program yang dapat disimpan dan dipanggil/dieksekusi oleh program lain atau dieksekusi oleh SQL-prompt. Umumnya suatu stored procedure yang dibuat oleh SQL Server berhubungan dengan database server dan menghasilkan sekumpulan record. Stored procedure ditulis dengan sebuah script. Pemakaian stored procedure akan meningkatkan performa database, meningkatkan sekuritas database, dan memungkinkan membuat program untuk database. Performansi ditingkatkan melalui pemakaian memori lokal, program yang telah dikompilasi terlebih dahulu dan pemakaian cache. Alasan lain adalah kebutuhan akan sebuah operasi yang sama sedangkan ada banyak client yang harus mengakses dengan bahasa pemrograman yang berbeda.
Stored procedure yang telah dibuat di server database dapat diakses melalui aplikasi program VB.NET, yaitu dengan membentuk objek command dan mengatur nilai dari CommandType untuk diisi dengan StoredProcedure. Contoh programnya adalah sebagai berikut :
Desain tampilan seperti berikut :
Database yang digunakan adalah database db_supplier dengan tabel tbl_supplier sebagaimana sudah dibuat pada pembahasan sebelumnya.
Untuk membuat stored procedure pada Visual Studio anda buka server explorer. Kemudian pada database yang digunakan klik kanan item Stored Procedures lalu pilih Add New Stored Procedure.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar